REKONSILIASI DATA PHLN TW III TA 2022 KEMENTERIAN PERTANIAN
Deky
17 Oktober 2022

Memasuki tahun anggaran 2022 Triwulan III, Biro Kerja Sama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian, melakukan rekonsiliasi data pinjaman dan hibah yang dikelola oleh unit eselon I lingkup Kementerian Pertanian pada tanggal 11-12 Oktober 2022 di Kantor Pusat Kementan, Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun laporan terkait progres kinerja realisasi keuangan dan kegiatan PHLN.

Penyusunan laporan ini merupakan amanat PP 10 tahun 2011 tentang Tata Cara Pengadaan Pinjaman Luar Negeri dan Hibah, Peraturan Menteri PPN/Kepala Bappenas No. 4/2011, dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 180/2012 tentang Tata Cara Pemantauan dan Evaluasi Pinjaman dan Hibah Kepada Pemerintah.

Dalam Kegiatan ini telah di rekonsialisasikan data pinjaman luar negeri sebanyak 7 judul proyek on going yang dikelola oleh 3 Satker di Kementan, yaitu BPPSDMP mengelola 4 Judul proyek (IPDMIP, READSI, SIMURP dan YESS), Ditjen PSP dengan 2 judul proyek (FMSRB dan UPLANDs) dan Badan Litbang Pertanian 1 judul proyek (ICARE). Pinjaman luar negeri sampai dengan triwulan III TA 2022 telah bekerja sama dengan 5 lender aktif, yaitu: IFAD, IsDB, World Bank, AIIB dan ADB.

Berdasarkan hasil rekonsiliasi, menunjukkan bahwa tren pinjaman luar negeri di masing-masing Satker pengelola mengalami keterlambatan (behind schedule) yang disebabkan banyak faktor, diantaranya keterlambatan reimbursement untuk proyek yang menggunakan mekanisme on granting. 

Sedangkan untuk kegiatan hibah luar neger di lingkup Kementan saat ini telah terkonfirmasi sebanyak 57 judul yang dikelola oleh 32 Satker, terdiri dari Hibah Terencana 2 judul proyek dan 55 Hibah Langsung uang/BJS dari 28 Donor aktif. Sampai dengan TW III TA 2022, Sakata Seed Cooperation merupakan pemberi hibah dengan nilai komitmen tertinggi setelah AusAID dan FAO yaitu sebesar 56,2% dari keseluruhan nilai komitmen hibah.

Tentang SIPOR PHLN
Sistem Informasi Pelaporan Pinjaman Hibah Luar Negeri Kementerian Pertanian merupakan aplikasi untuk memudahkan pemantauan pelaporan pinjaman dan hibah luar negeri yang dikelola oleh Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian dan Eselon I terkait.
Kontak
Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian
Jl. Harsono RM. No. 3, Ragunan Jakarta 12550, Indonesia
Telp PPID: 0812-8237-0137 (Jam 09:00 s.d 15:00 WIB setiap hari kerja)