Evaluasi Proyek Pinjaman dan Hibah Luar Negeri (PHLN) Lingkup Kementerian Pertanian
Deky
13 September 2019

Biro Kerja Sama Luar Negeri, Kementerian Pertanian telah melaksanakan kegiatan "Evaluasi Proyek Pinjaman dan Hibah Luar Negeri (PHLN) Lingkup Kementerian Pertanian" pada hari Kamis, 29 Agustus 2019 di Hotel Salak the Heritage, Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali informasi terkait perkembangan pelaksanaan proyek dan permasalahan yang dihadapi serta langkah tindak lanjut dalam pemanfaatan pinjaman dan hibah luar negeri di masa yang akan datang.

Acara evaluasi ini, dibuka oleh Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri, Bapak Ade Candradijaya. Pemapar yang diundang pada kegiatan ini adalah Project Management Unit/pengelola proyek Pinjaman diantaranya: 1. Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc. (Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan); 2. Ir. Pamela Fadhilah, M.A. (Manajer NPIU Proyek IPDMIP); 3. Dr. Bram Kusbiantoro (Manajer Proyek SMARTD); 4. Diana Nur Fatimah, S.P. (Manajer Proyek FMSRB); 5. Bayu Rahmawan (Program Manajer Proyek READSI); dan 6. Wawan Setijawan (Finance Officer Proyek SOLID). Masing-masing pemapar menjelaskan progress masing-masing project pinjaman serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan project. Rata-rata project pinjaman dengan system on granting menyampaikan kendala terletak pada proses tidak maksimalnya komitmen pemerintah daerah terhadap proyek pinjaman tersebut. Sehingga menyebabkan rendahnya realisasi proyek secara keseluruhan. Namun, sebagai tindak lanjut permasalahan tersebut, pengelola proyek pinjaman melakukan analisis resiko beserta pengendaliannya. Acara ini dihadiri oleh lebih kurang 50 peserta diantaranya dari perwakilan Unit Eselon I dan Unit Eselon II lingkup Kementan yang mengelola proyek PHLN serta perwakilan dari 8 proyek pinjaman luar negeri Kementerian Pertanian.

Tentang SIPOR PHLN
Sistem Informasi Pelaporan Pinjaman Hibah Luar Negeri Kementerian Pertanian merupakan aplikasi untuk memudahkan pemantauan pelaporan pinjaman dan hibah luar negeri yang dikelola oleh Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian dan Eselon I terkait.
Kontak
Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian
Jl. Harsono RM. No. 3, Ragunan Jakarta 12550, Indonesia
Telp PPID: 0812-8237-0137 (Jam 09:00 s.d 15:00 WIB setiap hari kerja)