Lesson Learned SIPOR PHLN sebagai Kunci Kesuksesan Pengelolaan Hibah Luar Negeri
Nabila Nuraini Fatikhasari
15 Juni 2023

Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) menyelenggarakan kegiatan Stakeholders Forum Pengelolaan Hibah 2023. Digelar di Aula Bundo Kanduang Lantai 3, Gedung Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat pada 15 Juni 2023 bekerja sama dengan Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat. Tujuan kegiatan ini untuk bertemu dengan para pengelola hibah di lingkungan satuan kerja Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah dan membagikan isu terkini dalam pengelolaan hibah.

Acara dibuka oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat, Syukriah HG, yang menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung Kementerian Negara/Lembaga maupun Pemda untuk lebih memahami pengelolaan hibah yang akurat, akuntabel dan transparan, diperlukan edukasi, knowledge sharing, dan koordinasi yang intensif antara satker Kementerian Negara/Lembaga/Pemda, pemberi hibah/Donor, DJPb dan DJPPR. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Talkshow Lesson Learned Pengelolaan Hibah dengan narasumber utama Direktur Evaluasi, Akuntansi dan Setelmen, Endah Martiningrum yang menyampaikan tentang current issue pengelolaan hibah saat ini menurut PMK 99 Tahun 2017 dan penggunaan SEHATI (Sistem Aplikasi Pengelolaan Hibah Terintegrasi) sebagai platform digital pengelolaan hibah seluruh Indonesia. 

Kegiatan ini bertemakan “Edukasi Inklusif untuk Memperkuat Pusat Keunggulan Hibah" yang dihadiri secara fisik oleh perwakilan K/L pengelola hibah dan juga disiarkan melalui kanal Youtube DJPPR Kementerian Keuangan.

Sebagai pembicara hadir Direktur Anggaran dan Perjanjian/Kontrak Kerjasama Teknis Australia – Indonesia, Andi Muhardi yang menyampaikan tentang pengelolaan pemberian hibah dari DFAT ke Indonesia untuk membantu pembangunan Indonesia. Pada kesempatan tersebut, turut serta hadir Subkoordinator Pengelolaan Pinjaman dan Hibah Luar Negeri, Kementerian Pertanian, Hapsari Sri Susanti yang membagikan pengalaman Kementerian Pertanian dalam mengelola hibah luar negeri. 

Aplikasi SIPOR PHLN yang dimiliki Kementerian Pertanian menjadi salah satu contoh sukses dalam memanfaatkan aplikasi untuk penginputan dan pelaporan data secara sistematis sehingga memudahkan satker dalam melaporkan data pada Biro Kerja Sama Luar Negeri yang nantinya akan diteruskan pada Kementerian Keuangan dan Bappenas sebagai Laporan Kinerja Pelaksanaan Pinjaman dan/atau Hibah Luar Negeri secara triwulanan.

Sesi selanjutnya adalah launching e-learning Pengenalan Pengelolaan Hibah oleh Direktur Evaluasi, Akuntansi dan Setelmen serta Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat. E-learning ini merupakan salah satu wujud kolaborasi antar unit di Kementerian Keuangan baik di DJPPR, DJPb, dan BPPK untuk terus mengedukasi para pengelola keuangan di seluruh satuan kerja. E-learning ini dapat diakses melalui klc2.kemenkeu.go.id oleh seluruh masyarakat tidak tertutup hanya untuk pegawai Kementerian Keuangan. 

Tentang SIPOR PHLN
Sistem Informasi Pelaporan Pinjaman Hibah Luar Negeri Kementerian Pertanian merupakan aplikasi untuk memudahkan pemantauan pelaporan pinjaman dan hibah luar negeri yang dikelola oleh Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian dan Eselon I terkait.
Kontak
Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian
Jl. Harsono RM. No. 3, Ragunan Jakarta 12550, Indonesia
Telp PPID: 0812-8237-0137 (Jam 09:00 s.d 15:00 WIB setiap hari kerja)