Kadiskop UKM Sulsel: YESS Siapkan Generasi Muda Siap Berkompetisi Secara Global
Tidak diketahui
21 Mei 2019

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan, kembali membuka sekolah wirausaha muda “Young Entrepreneur School Sulawesi Selatan (YESS)” angkatan ke-3. 

Pembukaan YESS angkatan ke-3 ditandai orientasi kepada puluhan calon siswa, Kamis, 25 April 2019 di KUKM Center, Jl. AP. Pettarani Makassar. 

Kegiatan dihadiri kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Malik Faisal yang juga pembina YESS, Kepala sekolah, Abd. Azis Bennu, Koordinator Konsultan PLUT, Bahrul ulum Ilham, Duta Baca Makassar yang juga akumni YESS, Munadian Yunadia, dan tim fasilitator YESS.

Malik Faisal pada kesempatan ini memberikan motivasi kepada siswa, tentang pentingnya kewirausahaan di era milineal. 

Dia mengatakan, program YESS bertujuan menyiapkan generasi muda Sulawesi Selatan, yang memiliki jiwa entrepreneurship yang siap berkompetisi secara global. 

”Persaingan SDM global sangat ketat. YESS hadir menyiapkan generasi unggul yang profesional, berintegritas dan berjiwa wirausaha,” katanya.

Program YESS adalah sekolah nonformal yang menyasar siswa SMA atau sederajat. Masa kegiatan berlangsung selama tiga bulan, dengan delapan kali pertemuan setiap bulan, pada hari Sabtu dan Minggu. Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan telah menyiapkan ruang belajar representatif di UKM Center Sulawesi Selatan, dan tim fasilitator dari konsultan PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Koperasi dan UMKM Sulawesi Selatan, 7 orang coach dan praktisi bisnis. 

Kepala sekolah YESS, Abd. Azis Bennu yang juga Kabid UKM Diskop Sulsel menyebut, pembelajaran YESS berupa inovasi pelatihan rutin oleh para mentor, trainer dan coach bisnis ditunjang dengan pendampingan secara intensif, terdiri 20 persen teori dan 80 persen praktik. 

“Pada tahun 2018 telah menghasilkan alumni sebanyak 150 peserta didik, yang memiliki mindset, pengetahuan dan keterampilan wirausaha,” tambahnya. 

Kelas perdana YESS mulai bergulir pada Sabtu, 27 April 2019, dan tidak dipungut biaya.

Tentang SIPOR PHLN
Sistem Informasi Pelaporan Pinjaman Hibah Luar Negeri Kementerian Pertanian merupakan aplikasi untuk memudahkan pemantauan pelaporan pinjaman dan hibah luar negeri yang dikelola oleh Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian dan Eselon I terkait.
Kontak
Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian
Jl. Harsono RM. No. 3, Ragunan Jakarta 12550, Indonesia
Telp PPID: 0812-8237-0137 (Jam 09:00 s.d 15:00 WIB setiap hari kerja)